lusylegilia

I CAN DO IT

Minggu, 01 Mei 2016

Kualitas Pelayanan dan Sistem Informasi PT JAMSOSTEK (Studi Kasus)

             Studi kasus yang digunakan adalah hasil penelitian pada kantor cabang PT Jamsostek (Persero) di Semarang.Pengumpulan data yang dilaksanakan dari tanggal 1 April 2010-12 Mei 2010  dan dilakukan dengan pengiriman mail questioner ke 121 kantor cabang PT  Jamsostek (Persero) se-Indonesia dengan jumlah kuesioner yang di sebar sebanyak 1210.Analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas yang kemudian disimpulkan dengan menggunakan Uji T dan nilai koefisien yang berfungsi untuk mengetahui korelasi antara suatu factor dengan factor lainnya
            Setelah dilakukan analisis data,dilakukan pengkajian dengan berpatokan pada model kesuksesan  system yang dikembangkan oleh Delone dan Mclean (1992) untuk mengetahui sistem informasi yang dimiliki oleh PT Jamsostek ini. Model ini merupakan model yang sederhana namun menjadi suatu model yang dapat menjadi acuan untuk membuat sistem informasi dapat diterapkan secara sukses di organisasi. Model yang diusulkan ini  dari enam pengukuran kesuksesan sistem informasi, terdiri dari :

·                     -          Kualitas sistem (sistem quality)
·                     -          Kualitas informasi (information quality)
·                     -          Penggunaan (use) atau kualitas pelayanan (service quality)
·                     -          Kepuasan pemakai (user satisfaction)
·                     -          Dampak individual (individual impact)
·                     -          Dampak organisasi (organization impact)
Dan ternyata di PTJamsostek ini sudah diberlakukan  Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (SIPT) Online.

Berikut ini adalah beberapa tabel hasil analisis data yang telah dilakukan
*Tabel 1 Hasil Uji T



*Tabel 2 Nilai Koefisien Jalur

Dapat disimpulkan bahwa kesuksesan penerapan Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (SIPT) Online PT Jamsostek (Persero) dipengaruhi secara signifikan oleh kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, serta kesesuaian tugas dan teknologi. Kualitas sistem juga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan korelasi yang bernilai positif. Maka, semakin tinggi kualitas sistemnya, semakin tinggi pula kepuasan dari pengguna sistemnya. Kualitas sistem bisa dikatakan baik jika bisa diandalkan, mudah untuk digunakan, memiliki respon time.
Sejak diberlakukan Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (SIPT) Online di PT Jamsostek, kualitas sistem di perusahaan menjadi lebih baik. Bisa dilihat Tabel 1 menunjukkan data signifikan 99% dan nilai koefisien jalur yang berkorelasi positif terlihat pada Tabel 2. Kinerja pegawai pun menjadi lebih baik karena segala keperluan pelayanan bisa ditangani dengan cepat. Proses administrasi seperti input data peserta, pembuatan kartu, dan pelaporan-pelaporan penting lainnya menjadi lebih menghemat waktu dengan adanya SIPT Online ini (Gema Jamsostek, 2009). Hal tersebut telah sesuai dengan kriteria kualitas informasi itu sendiri yaitu relevance dan complete.
Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat dampak invidual  karena penggunaan SIPT Online dipengaruhi secara signifikan oleh kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan dan kepuasan pengguna sistem informasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil uji T menunjukkan signifikan pada level 95% dan nilai koefisien jalur yang berkorelasi positif. Kepuasan pengguna yang meningkat tersebut menyebabkan kepercayaan pengguna terhadap suatu perusahaan menjadi semakin meningkat.
Kepuasan pengguna dalam hal ini merupakan salah satu pengukur kesuksesan penerapan SIPT Online dimana ditunjukkan bahwa kepuasan pengguna SIPT Online dipengaruhi secara signifikan oleh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan. Semakin baik kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan akan semakin tinggi tingkat kepuasan pengguna SIPT Online. Oleh karena itu, PT. Jamsostek (Persero) harus mampu meningkatkan kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan dari SIPT Online agar diperoleh tingkat kepuasan pengguna SIPT Online yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar