lusylegilia

I CAN DO IT

Kamis, 31 Maret 2016

Manajemen Layanan Sistem Informasi




Pengertian

Manajemen yang secara umum artinya pengendalian dan pemanfaatan semua faktor dan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai atau menyelesaikan suatu prapta (objective) atau tujuan-tujuan tertentu Atmosudirdjo (1986:158). Sedangkan menurut Siagian (1989:5) manajemen dapat didefinisikan sebagai kemampuan atau ketrampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain. menurut Terry dalam Manullang (2005:1) manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah kemampuan untuk mengendalikan, memanfaatkan semua faktor dan sumber daya yang ada untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian suatu tujuan dengan  mempergunakan kegiatan orang lain.

Sedangkan pengertian layanan menurut MUCHTAR A.F adalah suatu sikap yang dapat mengakibatkan rasa puas atau tidak puas yang dialami konsumen pada saat terjadinya proses tindakan. Lain halnya menurut EKO SUHARTANTO layanan merupakan visualisasi dan perwujudan dari peluang yang memungkinkan apa yang kita rasakan sebagai peluang bisa turut dinimati orang lain. HERMAWAN KERTAJAYA: Layanan adalah sesuatu yang tidak gampang karena tiap pelanggan memiliki persepsi sendiri-sendiri mengenai nilai berdasarkan nilai-nilai (values) yang mereka anut serta kebutuhan mereka sendiri. Dapat disimpulkan bahwa layanan adalah suatu sikap atau perwujudan yang tidak gampang karena tiap konsumen memiliki persepsi berbeda-beda mengenai suatu nilai. Namun pada dasarnya layanan adalah suatu sikap perwujudan dari peluang kepuasan yang memungkinkan dirasakan oleh kita bisa turut dirasakan oleh konsumen.

Sistem sendiri memiliki pengertian sebagai kumpulan suatu komponen yang memiliki keterkaitan/hubungan untuk mencapai suatu tujuan bersama. Tak berbeda jauh dengan manajemen, layanan, dan sistem. Informasi pun dapat diartikan sebagai data yang telah diolah dan dapat diterima dengan baik oleh si penerima yang kemudian bisa digunakan acuan untuk saat ini maupun mendatang.

Dari pendefinisian perkata diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen layanan sistem informasi adalah kemampuan mengendalikan suatu sistem informasi yang lebih menitikberatkan perwujudan dari peluang kepuasan konsumen terhadap suatu sistem informasi.



Manfaat

Menurut Michael Wedemeyer ITSM atau Manajemen layanan teknologi informasi adalah suatu IT Service Management yang memiliki kemampuan untuk memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk layanan; dan Kemampuan itu bertujuan untuk lebih meningkatkan ke-efektif-an dan efisiensi dalam pemberian layanan kepada pelanggan. Selain itu Manajemen layanan sistem informasi menawarkan berbagai macam manfaat lainnya, yaitu:

  • Menjaga keseimbangan layanan sistem informasi artinya suatu sistem informasi bisa terus berkembang, lebih mengutamakan kepuasan konsumen, dan lebih memprioritaskan kesejahteraan konsumen
  • Melayani dengan TI berkualitas
  • Memberikan penawaran pelayanan yang disesuaikan dengan budget konsumen
  • Proses pelayanan terhadap konsumen yang lebih memusat dan terstruktur dikarenakan penggunaan teknologi informasi yang cerdas.



Peranan

Disamping memberi manfaat manajemen layanan sistem informasi juga memiliki peranan yang teramat penting dalam lingkungan sekitar, khususnya manajemen layanan sistem informasi pendidikan sekarang ini yaitu:

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan Sistem Informasi yang sesuai dengan perkerkembangan teknologi informasi.
  2. Melakukan pengevaluasian guna mengukur tingkat kepuasan para konsumen pendidikan yang menggunakan Sistem Informasi Akademik saat ini.
  3. Standarisasi dan pengawasan merupakan salah satu point penting juga yang dapat memberikan dukungan sistem informasi akademik ke arah yang lebih baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar